Beranda | Artikel
Seri Nasihat Ringkas – 3
Kamis, 15 Desember 2016

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, tidaklah terasa bahwa umur yang Allah berikan kepada kita semakin bertambah mendekati ajalnya. Apakah yang sudah kita lakukan untuk menyambut hari perjumpaan dengan-Nya?Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, “Wahai anak Adam, sesungguhnya kamu ini adalah kumpulan perjalanan hari, setiap kali satu hari berlalu maka itu artinya lenyaplah sebagian dari bagian dirimu.” Umur yang Allah berikan kepada kita ini harus dipertanggung-jawabkan di hadapan Allah kelak. Pada hari itu tidak ada lagi hal yang tersembunyi.

Allah berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah, dan hendaknya setiap diri memperhatikan apa yang telah dia persiapkan untuk hari esok.” (al-Hasyr : 18). Bersiap-siap untuk menyambut hari esok artinya kita harus melakukan amal-amal untuk menyambut hari akhirat. Hari yang membutuhkan sebaik-baik bekal, dan bekal terbaik itu adalah ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Ketakwaan inilah yang akan mengantarkan hamba-hamba Allah menuju surga dan memuliakan mereka. Ketakwaan inilah yang jauh lebih berharga daripada dunia dan seisinya. Sudahkah kita termasuk orang-orang yang benar-benar bertakwa?

Demikian, semoga nasihat yang ringkas ini bermanfaat.

Redaksi Website Ma’had al-Mubarok

www.al-mubarok.com


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-nasihat-ringkas-3/